Agar Anak Mau Bersosialisasi

Saat liburan kemarin, Afiah dan saudara-saudaranya melakukan banyak permainan. Seperti memindahkan bola sambil berlari, memindahkan tali siapa yang paling cepat dan memindahkan air dari gelas ke gelas lainnya dengan menggunakan sedotan. Alangkah senangnya mereka bermain.
Itulah salah satu caraku agar Afiah bisa cepat akrab dan bergaul dengan saudara-saudaranya yang sebaya ataupun lebih tua darinya. Karena kadang jarang bertemu karena padatnya rutinitas keluarga. Sekaranglah saat liburan kami dipertemukan semua dan saatnya mulai saling mengenal kembali.

Masih banyak cara agar anak kita mau bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, diantaranya :

1. Dengan bantuan orang tua
Sebagai orang tua kita harus membantunya mengingat bahwa melalui bermain dengan teman-temannya, anak mempelajari juga berbagai aturan sosial. Memang, selain menyenangkan, teman membantu anak menumbuhkan rasa kasih sayang, mengatasi masalah, mengenal berbagi rasa dan memupuk rasa saling memiliki.

2. Lakukan secara bertahap
Misalnya dengan mengajak satu dua anak ke rumah. Sebaiknya mulai dengan anak yang dikenal si kecil dan berusia sebaya.
Usahakan pertemuan itu dilakukan dalam waktu yang singkat, sekitar satu sampai dua jam.
Agar sukses, lebih baik orang tua merencanakan aktivitas atau permainan yang dapat dilakukan Afiah dengan temannya.

3. Pilihlah aktivitas yang disukai sikecil agar ia merasa nyaman dan senang.

4. Jadwalkan pertemuan rutin agar anak terbiasa. Jika ia tampak sudah merasa nyaman bergaul, sesekali gantian anak kita yang pergi ke rumah temannya.



Untuk ⁣mendukung Afiah agar ia tumbuh jadi anak generasi maju. Aku selalu memberikan susu SGM Eksplor Plus untuk Afiah 2x sehari. Susu SGM Eksplor dengan formula Complinutri mengandung minyak ikan dan omega 3 dan nutrisi penting lainnya. @akuanaksgm #MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Memasuki Masa New Normal bagi Anak Generasi Maju

Tips Agar Keluarga Tetap Bersatu dan Kuat Selama Masa Pandemi Covid-19

Tips Keluarga Generasi Maju Menjelang Puasa Ramadhan