Kamis, 29 Oktober 2020

Jajanan Sehat Yes! Yuk Berdayakan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS) Di Era Digital

"Danone Specialize Nutrition (SN) Indonesia berinisiatif membuat program berkelanjutan melalui edukasi pemanfaatan teknologi digital yang bisa menunjang usaha para IWAS di sosial media."

WAS Itu Apa sih?

Nah disini aku mau jelaskan dulu apa sih WAS itu?

WAS itu sendiri merupakan program sosial  oleh PT. Sarihusada Generasi Mahardika yang dapat diakses di website https://www.sarihusada.co.id 

Tujuan mendirikan WAS itu sendiri adalah membentuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi pada anak-anak usia sekolah dasar.

Pada tahun 2011 pertama kali program WAS ini mulai dijalankan. Dan sekarang sudah ada 446 selolah dasar dengan total sebanyak 350 IWAS (Ibu Warung Anak Sehat) diantaranya IWAS dari Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta.

Ibu Warung Anak Sehat yang ikut berperan serta

Salah satu Ibu Warung Anak Sehat
yang ikut berperan serta


Apa Saja Tujuan Didirikan IWAS?

Tujuannya sangat mulia sekali diantaranya :

1. Memberikan kemudahan akses kepada anak-anak agar bisa mendapatkan jajanan sehat dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

2. Bisa membangun kesadaran orangtua terhadap pentingnya hidup sehat tersebut.

3. Agar para wirausaha perempuan bangga dan dapat bangkit percaya dirinya dalam mengelola kantin di sekolah.

4. Dapat meningkatkan pendapatan bagi para IWAS sebagai Duta Perbaikan Gizi Anak Indonesia.




Apa Saja Kegiatan Pada Program WAS?

1. Setiap IWAS akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan peningkatan kemampuan bisnis, seperti bagaimana cara mencatat penjualan dan keuntungan. 

2. IWAS bisa mendapatkan rekomendasi untuk mengembangkan usahanya. 

3. IWAS juga bisa mengembangkan dirinya menjadi pengusaha yang profesional dan menjalin koneksi bisnis dengan pengusaha perempuan lainnya.

4. Menjadi Duta Nutrisi sekaligus mengedukasi pengetahuan nutrisi ke sekolah-sekolah.


Sesuai dengan anjuran Pemerintah bahwa harus diadakan pembelaran secara online untuk setiap sekolah di Indonesia, maka hal ini sangat terdampak bagi sejumlah pengelola kantin yang jualannya sangat tergantung pada sekolahan.

Ditutupnya sekolah membuat para ibu pengelola kantin sehat harus bekerja keras agar tetap bisa mendorong pemulihan ekonomi keluarga mereka masing-masing. Padahal, mereka juga berperan dalam menyediakan pangan sehat bagi pelanggan maupun keluarganya. 

Saat ini mereka mulai berusaha lagi berjualan baik secara online ataupun berjualan di daerah sekitar rumah mereka/sekitar tempat kantin sekolah sebelumnya berada.

Karena Ibu pengelola kantin sehat berperan besar dalam pemenuhan nutrisi keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Maka, Danone SN Indonesia berinisiatif menyiapkan berbagai program untuk mengedukasi pengelola kantin sekolah agar mampu beradaptasi dan menggerakkan ekonomi walau hanya dari rumah saja.



Danone SN Indonesia melalui Sarihusada sejak tahun 2011 sudah rutin melakukan binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia yang dahulu diberi sebutan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS). 

Hingga sampai tahun 2018, program ini telah memberdayakan 350 ibu kantin, sekitar 72% diantaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%. 

Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya. Luar biasa yaa!

Selama pandemi ini, Danone SN Indonesia telah mendistribusikan dukungan senilai lebih dari 1 Miliar Rupiah kepada 234 perempuan penggiat kantin sekolah aktif di Ambon, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta yang mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi. 

Seluruh upaya ini dilakukan agar para Ibu pengelola kantin sehat mampu terus menghadirkan pangan sehat untuk pelanggan, maupun memenuhi nutrisi keluarga dan anak-anaknya di rumah.

Danone SN Indonesia memberikan akses pelatihan pemanfaatan platform digital untuk membantu usaha para IWAS. Karena mereka saat ini sangat memerlukan pengetahuan dan pelatihan berbisnis dan bagaimana caranya memasarkan produk nya secara online. Dengan memberikan pelatihan wirausaha kepada Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju melalui program Women Will, sebuah inisiatif Grow with Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia, sehingga mereka dapat berkembang dan berhasil.




26 komentar :

  1. Bagus sekali program iwas ya..pemanfaatan teknologi digital pun memang diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bun sangat bermanfaat buat berdayakan perempuan pengusaha

      Hapus
  2. Programnya keren si ini.. :) pemanfaatan teknologi untuk efektifitas usaha..
    combine yang menarik dan pastinya sangat bermanfaat :) sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya sangat berguna banget buat pemberdayaan perempuan pengusaha

      Hapus
  3. Duh ibu kantin di Cianjur ternyata ga kebagian ya ...
    Padahal Cianjur zina hijau tapi perlakuan terhadap anak sekolah sama, PJJ. Dampaknya pada ibu kantin kna jadi ga ada pemasukan karena udah mau enam bulan ini tutup

    BalasHapus
  4. Program IWAS ini sangat membantu banyak ibu ya, juga berikan akses bagi anak usia sekolah dasar mendapatkan jajanan sehat di sekolah

    BalasHapus
  5. Perlu banget ini ... kemudahan akses kepada anak-anak agar bisa mendapatkan jajanan sehat dengam harga murah. Biasanya yang murah itu yang tidak sehat seperti bermicin.

    BalasHapus
  6. Keren program dan inovasinya. Selain membantu UMKM, juga membuat orangtua tidak khawatir terhadap jajanan anak-anaknya

    BalasHapus
  7. keren sekali program dari sarihusada ini ya bun, selain itu mereka masih mencari solusi saat pandemi begini.

    BalasHapus
  8. wah ini emang bagus banet, paling ngga ibu dapat berkreasi dan memilih jajajnan sehat untuk anaknya. Jadi anak tetep sehat dan bahagia

    BalasHapus
  9. Oooh ternyata dari Sari Husada ya kka. Keren banget laah ini jadi inget sama bukunya Dee Lestari soal UMKM Indonesia yang jadi 80% penggerak roda perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  10. Sebelum pandemi aku suka banget jalan-jalan ke deket SD. Jajanan di SD asik-asik sih :D Tapi kadang miris juga sih melihat jenis jajanannya.

    BalasHapus
  11. Wah programnya bagus ya membantu kita banget nih.. jajanan anak-anak memang kadang bikin miris nih, apalagi yang biasa saya lihat di SD dekat rumah...

    BalasHapus
  12. Salah satu usaha yang langsung kena dampak di saat pandemi memang ibu kantin. Alhamdulillah ada perusahaan yang peduli akan hal ini. Selain jadi bisa tetap produktif saat pandemi. Insya Allah, setelah sekolah mulai, jadi lebih peduli dengan gizi makanan di kantin

    BalasHapus
  13. Keren sekali program nya mba. Bisa turut membantu Perekonomian Para ibu kantin yang juga terdampak akibat siswa belajar Dirumah saja

    BalasHapus
  14. Program kaya IWAS memang bagus, sayang yang disasar perempuan harusnya lebih menyasar laki-laki karena mereka lebih butuh pekerjaan

    BalasHapus
  15. Dengan dukungan untuk IWAS, nggak perlu khawatir lagi ya dengan kebutuhan nutrisi anak-anak kita

    BalasHapus
  16. Ampun saya lupa bikin artikel IWAS ini. Hiks.... Padahal pengen bantu para ibu yang konsern dengan jajanan sehat ini lho.

    BalasHapus
  17. Jajanan di kantin-kantin sekolah jaman sekarang bener-bener memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi

    BalasHapus
  18. sering khawatir ttg makanan yang dikonsumsi anak-anak, apalgi disaat anak di sekolah atau lagi jajan ama temen-temennya. WAS adalah salah satu solusi terbaik anak mendapatkan asupan makanan sehat

    BalasHapus
  19. bener nih jajan sehat seharusnya merebak di kantin sekolah. biar anak-anak nutrisi dan gizinya gak kurang. keren banget ini warung jajan sehat. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  20. Wah sebagai orang yang suka banget jajan jaman sd. Dan skrg punya anak, aku seneng nih dengan adanya WAS. Semoga aja kedepannya bakal lbh maju lagi ya WAS dan program2nya

    BalasHapus
  21. Keren banget yaa program IWAS ini, dan di kantin sekolah anakku alhamdulillah sih jajanannya sehat gada tuh dan kalo jam istirahat cuma bisa beli di kantin, gak boleh ke luar area sekolah kemarin sbelum pandemi

    BalasHapus
  22. Mba, ide bagus ini karena banyak jajanan anak yang kurang sehat ya di jual banyak orang

    BalasHapus
  23. Produk yang dijualkan oleh anggota IWAS, semoga bikin terus optimis berusaha di masa seperti skrg ini

    BalasHapus
  24. Terobosannya keren banget yaaks... udah gitu mendukung kesehatan anak pula. Pas banget laah yang dibutuhkan sama emak2 sayang anak.

    BalasHapus

Back to Top