Jumat, 06 Desember 2019

Momen Liburan Keluarga Kecilku

Pernah gak sih membayangkan liburan ala backpaker dengan keluarga kecilmu ke luar negeri? Kalau saya dan suami berprinsip jalanin aja dulu liburannya, biar nantinya punya cerita sendiri bersama anak-anak, ya kan? Segala kerepotan, keseruan dan semuanya kita lakukan secara bersama-sama dan malahan akan menjadi momen tersendiri di cerita keluarga kami.

Petronas Twin Tower

Nah, saya dan suami sudah ada rencana 6 bulan sebelumnya untuk jalan-jalan ke Malaysia selama 5 hari. Dari 6 bulan sebelum keberangkatan, kami sudah mulai cari-cari tiket pesawat sendiri. Karena yang berangkat tidak sedikit, suami, saya, dan 3 anak. Selain tiket pesawat, saya juga mencari hotel atau apartemen dengan biaya terjangkau yang nantinya bisa kami tempati.

Selain itu yang paling penting adalah rencana perjalanan (itinerary), karena kami setuju untuk tidak menggunakan jasa perjalanan wisata (guide). Jadi semua rencana perjalanan kami berdua atur sendiri dari mulai hari pertama sampai dengan hari kelima. Seru kan? Semuanya saya cari sendiri lewat internet. Alhamdulillah, semua kemudahan kami dapatkan dari mencari tempat wisata yang akan dikunjungi sampai tiket masuk wisatanya.

Untuk tiket pesawat, kami bisa mendapatkan harga  promo murah dan pesawat Air Asia. Sedangkan untuk tempat menginap kami dapat apartemen yang tidak jauh dari pusat kota Kuala Lumpur. Begitu keluar dari apartemen, kami bisa jalan kira-kira 5 menit ke  Petronas Twin Tower.

Akhirnya waktu keberangkatan tiba, kami hanya membawa 2 tas koper dan 2 ransel. Pagi-pagi sekali kami sudah berangkat naik taksi ke bandara Internasional Soekarno Hatta. Karena jadwal pesawat kami pagi yaitu jam 6 pagi, maka kami sudah harus check-in sejam sebelumnyaPerjalanan pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Sebelum masuk pesawat kami sarapan dulu sekedarnya mengisi perut agar tidak masuk angin dipesawat. Apalagi ada si kecil yang masih moody selama perjalanan.

Dipesawat pun semua keadaan terkendali. Karena perjalanan yang tidak terlalu lama. Sikecil sibuk dengan mainan dan buku yang memang sengaja aku bawa. Setelah 2 jam perjalanan, tibalah kami di bandara Internasional Kuala Lumpur. Sesampainya disana kami dijemput oleh driver dari apartemennya.  Begitu sampai apartemen kami istirahat sebentar, lalu lanjut keluar apartemen mencari makan. Hanya butuh waktu 5 menit kami cari makan di mal di Kuala Lumpur yaitu Suria KLCC.

Di mal Suria KLCC ini banyak tempat makanan yang sesuai dengan selera kami. Begitu kami ke luar mal, kami langsung disuguhi pemandangan Petronas Twin tower yang megah. Selain itu, ada Taman Suria yang bisa digunakan siapa saja untuk melepas lelah. Bagi kami Taman Suria ini cukup luas dan banyak fasilitas gratis yang bisa digunakan. Untuk ukuran taman kota, taman ini menurut kami sekeluarga sangatlah menarik. Di taman ini ada playgroundnya yang luas dan mainannya sangat banyak, hingga anak-anak tidak akan rebutan untuk bermain. Dan yang lebih bikin betahnya yaitu ada kolam renang yang luas tapi tidak terlalu dalam yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain air.

Yang paling disukai saya pastinya banyak spot foto yang bisa dijadikan koleksi foto saya hehe.. Pastinya tidak akan lupa kami sekeluarga foto-foto di Petronas Twin Tower. Momen yang luar biasa yang akan selalu kami kenang.

Di Taman Suria KLCC

Hari pertama kami lewati dengan hati senang, pada malam harinya pun tidak kami lewati untuk foto di Petronas lagi, karena suasana malam memang saat yang kami tunggu-tunggu. Petronas Twin Tower terlihat lebih indah dan mengagumkan saat malam hari. Lampu-lampu yang menghiasi gedungnya semakin menampakkan indahnya Petronas. Tidak hanya itu saja kami juga disuguhi dengan air mancur yang sangat indah disekitar Taman Suria. Tidak terasa waktunya sampai kami kembali ke apartemen dan beristirahat.

Hari kedua kami lewati dengan keliling kota Kuala Lumpur menggunakan Bis Go KL yang bisa digunakan tanpa bayar alias gratis. Selama keliling naik bis Go KL, kami mampir ketempat wisata lainnya. Wah hemat biaya ya, karena kendaraan kami ngga bayar sama sekali, hanya ada beberapa tempat wisata yang bayar.

Bis Go KL ini melewati beberapa kawasan wisata favorit di Kuala Lumpur, diantaranya Menara Kembar Petronas, Bukit Bintang, Dataran Merdeka hingga Stasiun Utama KL Sentral. Kami turun di daerah Dataran Merdeka, yaitu lapangan yang sering digunakan untuk Parade Hari Kemerdekaan Malaysia. Disekitar lapangannya pun banyak bangunan-bangunan kuno. Yang paling menawan adalah Bangunan Sultan Abdul Samad.

Bangunan Kuno di Dataran Merdeka

Bangunan Sultan Abdul Samad ini bergaya unik dengan menara jam yang diatasnya ada kubah. Dan ada juga beberapa kubah khas masjid yang terpasang dibagian depan gedungnya.

Depan Masjid Jamek

Didekat Dataran Merdeka pun ada Masjid Jamek, tepatnya di jalan Tun Perak. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang tertua di Malaysia dan dibangun oleh pedagang India Muslim yang datang ke Malaysia untuk berdagang.

Belanja Oleh-oleh di Central Market

Oya ada satu tempat lagi yang tentunya tidak akan kami lewatkan yaitu Central Market. Tempat ini pun tidak jauh dari Dataran Merdeka. Hanya jalan beberapa menit kami sampai di Central Market. Begitu masuk, kami langsung disambut berbagai kios yang menjual pernak-pernik dari perak dan kayu. Jalan sebentar banyak juga toko yang menjual makanan khas Malaysia. Juga banyak yang menjual berbagai macam souvenir khas Malaysia. Kalau lapar setelah kita berkeliling pun banyak penjual makanan disekitar Central Market.

Satu hal yang membuat kami ingin kembali lagi ke Malaysia yang pastinya adalah makanannya. Ada satu restoran yang jadi favorit kami sekeluarga di daerah Central Market, yaitu restoran yang menjual makanan khas Melayu. Apalagi kalau bukan nasi lemak, nasi kandar, teh tarik dan roti canai nya hmmm enak-enak semua. Sampai berat badan saya pun naik selama di Malaysia haha..

Makan Durian Musang King

Ternyata berburu kuliner di Malaysia pun berlanjut di hari ketiga. Di hari ketiga ini kami makan durian Musang King yang terkenal enak dan menjadi ikon kuliner di Malaysia. Waduh.. sampai puas banget bisa menikmati durian Musang King yang terkenal dengan warna kuning dan bertekstur  krim lembut.

Di hari keempat, kami jalan-jalan ke Bukit Bintang untuk mencari oleh-oleh buat keluarga di Indonesia. Bukit Bintang ini merupakan surga wisata belanja di Kuala Lumpur. Disini kita bisa berjalan ke beberapa mal yang terkenal menjual barang-barang bermerk. Tapi ada juga satu plaza yang menjual barang yang masih bisa kita tawar. Ibu-ibu pasti suka belanja disini kan termasuk saya juga lho.

Puas rasanya selama empat hari bisa keliling kota Kuala Lumpur dengan biaya yang murah. Di hari kelima kami siap-siap untuk pulang ke Indonesia. Kami semua berharap bisa kembali lagi ke Kuala Lumpur dan menikmati keindahan suasana malamnya dan juga wisata kulinernya yang menggugah selera.