Rabu, 20 Maret 2019

Tips jitu agar anak suka makan sayuran 

Selamat pagi bunda, apakah sikecil suka sayuran bun?

Kadang memang susah ya mengajak sikecil untuk suka makan sayuran. Kebanyakan anak kecil tidak suka makan sayur. Mereka biasanya menyisihkan sayuran yang ada dalam bekal makanan mereka atau setiap sarapan dan makan malam. Jika tidak membiasakan anak untuk makan sayuran sedini mungkin, dikhawatirkan mereka akan tumbuh tanpa asupan sayuran dalam menu mereka ya bunda.

Kenapa harus makan sayuran setiap hari? Sayuran mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayuran adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat. Kandungan-kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil yang juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Serat dalam sayuran juga berperan dalam mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Hal ini karena serat dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol jahat, mengontrol kadar gula darah, melancarkan sistem pencernaan, dan membuat kita lebih kenyang sehingga tidak makan berlebih.

Yuk kita simak tips agar anak suka makan sayuran :
1. Campur dengan makanan kesukaannya, misalnya bunda bisa memasak nasi goreng dengan menambahkan wortel dan bayam yang dipotong kecil-kecil. Atau anak suka makan bakso, sebaiknya kita tambahkan sayuran seperti brokoli ataupun bayam kedalam kuah baksonya.
2. Beri pujian kepada anak setelah makan sayur. Misal "Bagaimana nasi gorengnya enak kan sayang" atau "Ayo baksonya lebih enakan, tug habis semua sama kuahnya juga, anak pinter ya suka sayuran, mama bangga deh"
3. Beri contoh kepada anak bahwa kita juga suka makan sayuran, seperti saat kita makan salad :" liat sayang mama juga makan sayuran kan, enak banget lho"
4. Tanamkan selalu kepada anak kita kalau makan sayuran itu enak dan bergizi. Misal: dengan makan sayuran badanmu jadi lebih sehat kan?

Ada tips lainnya bunda, yuk kita share juga ๐Ÿ˜‡

@akuanaksgm #MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

5 komentar :

  1. Assalamu'alaikum, bunda. Anakku sekarang sudah ABG, tapi waktu kecil dulu memang sulit dia kalau makan sayuran. Biasanya sambil makan, saya ajak dia bermain , menggambar dll. Sehingga perhatian nya teralihkan, dan saya suapin dia. Susu SGM memang bagus untuk menambah nutrisi dan menambah nafsu makan anak. Salam kenal,IG : @ruswatiiyus .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm bun ya bun salah satu tips nya juga ya bun ajak ia bermain.

      Hapus
  2. Oh ya, nice info dan tips² yang bunda Maya tulis. Good luck.

    BalasHapus
  3. Makasih bunda tipsnya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

    BalasHapus

Back to Top