Senin, 07 Desember 2020

Anak Generasi Maju Dimulai dari Keluarga Yang Sehat

Sebagai Mombassador SGM Eksplor aku selalu menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada si kecil sejak dini. Dengan menanamkan kebiasaan baik itu diharapkan akan membuahkan kepribadian yang mencerminkan sosok Anak Generasi Maju dengan 5 Potensi Prestasinya (bantu tumbuh kembang, berpikir kreatif, percaya diri, mandiri dan supel).

Ada berbagai macam kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk mendukung stimulasi Potensi Prestasi agar si kecil dapat menjadi Anak Generasi Maju, yaitu :

1. Ajarkan si kecil bertanggung jawab sejak dini


"Bun, aku sudah bisa letakkan piring bekas makanku ke tempat cucian piring" 

"Ya Afiah keren yaa..sudah bisa bantu bunda nih.." 

Ini merupakan salah satu tips dan kiat saya mengenalkan tanggung jawab kepada si kecil sebagai sarana untuk melatihnya tumbuh menjadi anak yang mandiri. Si kecil sudah bisa meletakkan piringnya sendiri tanpa disuruh.

Banyak manfaat bila mengajarkan anak bertanggung jawab atas apa yang dikerjakannya diantaranya dapat melatih daya juang si kecil, karena anak tidak terbiasa dibantu orang tua, sehingga ia memiliki motivasi sendiri untuk berusaha menyelesaikan segala sesuatu sendiri.


2. Mengajarkan kemandirian kepada si kecil.


"Aku bantuin angkat piringnya ya bun" 

"hati-hati ya nak".

Setelah selesai makan Afiah sudah bisa membantuku meletakkan piring yang sudah dicuci dan bersih ke lemari piring. 

Aku selalu mengajarkan kemandirian kepada si kecil agar ia bisa melakukan aktivitasnya sendiri tanpa dibantu. Ia pun senang bisa melakukannya sendiri. 

Banyak lho manfaat yamg bisa diambil salah satunya dapat menstimulasi potensi prestasinya tentang kemandirian. Anak mempunyai rasa percaya terhadap kemampuan diri sendiri, menerima dirinya dan memperoleh kepuasan dari usahanya sendiri. 


3. Selalu Mendukung apa yang dilakukan si kecil



"Yeayy aku sudah bisa pake sepatu sendiri" 

Setiap minggu pagi Afiah selalu joging bareng bundanya, dan ia memakai sepatunya sendiri tanpa dibantu lagi. 

Aku selalu mendukung si kecil agar ia lebih bisa percaya pada kemampuan serta potensi yang dimilikinya, dengan begitu ia bisa menjadi lebih mandiri. Kepercayaan diri bisa ditanamkan sejak dini. Bagaimana cara kita mengasuh sikecil juga berperan penting. 

Salah satu kiat dan tipsku agar si kecil lebih percaya diri adalah :

 ▪︎ Biarkan si kecil menyelesaikan masalah dengan usahanya sendiri 

▪︎ Pujilah si kecil saat dia berhasil melewati sebuah kesulitan.

Yuk kunjungi situs generasi maju untuk melihat konten tentang tumbuh kembang si kecil. Bunda bisa menemukan banyak artikel menarik lainnya di website Generasi Maju  di https://www.generasimaju.co.id

Kunjungi websitenya ya bunda dan jangan lupa follow akun instagram @akuanaksgm agar tidak ketinggalan info dan konten yang menarik seputar tumbuh kembang si kecil. 

#SGMEksplor #GenerasiMaju #PotensiPrestasi #MombassadorSGMEksplor 

Facebook : 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top